Categories
Uncategorized

Awal Revolusi 355 /2021

Source of Photo: Personal Collection,Capture by 9reat9, Jakarta, 09 January 2021

Setiap pergantian tahun selalu ada resolusi, untuk saya, tahun 2021 dan dimasa pandemi ini yang dibutuhkan adalah revolusi! iya revolusi! Berdasarkan pengertian umum, revolusi adalah perubahan yg cukup mendasar dalam suatu bidang dan memiliki karakter kekerasan sebagai akibat dari situasi ketika perubahan tata nilai dan norma yang mendadak. Pengertian bebas saya tentang revolusi diri adalah perubahan mendasar dengan keras dan harus dipaksakan agar dapat beradaptasi untuk tanggap dalam menghadapi situasi yang extraordinary! Ya ordinary people harus dipaksakan atau ekstra lagi untuk survive atau resilient menghadapi force majeur dan dampak-dampaknya!

Mungkin ada yang berpendapat, ya elah untuk memulai revolusi diri, harusnya ada persiapan dong dan bukannya udah terlambat kalau kita mulainya disisa 355 hari dalam tahun ini? Buat saya, kalau tentang self improvement, sifatnya lifetime learning dan tidak ada kata terlambat!!! Untuk memulai melakukan hal-hal baik dan untuk kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain, selalu waktunya tepat, tidak pernah terlalu cepat atau terlalu lambat, karena didalam keputusan tersebut ada kesadaran! Menyadarinya dan menjadikannya suatu kebutuhan untuk memperbaiki diri itu sendiri suatu proses yang fundamental dan penting loh.

Jadi mulailah! Setiap hembusan nafas kita selalu ada kesempatan untuk memperbaiki hal-hal yang kita ingin perbaiki atau kita tingkatkan. Saya selalu menganalogikan pertumbuhan diri itu sebagai proses petani yang mengusahakan sawah dengan konsep organic atau natural. Prosesnya memakan waktu: dari kesadaran menyemai bibit/benih yang alami, membuat pupuk yang organik juga butuh proses, sampai proses menjaga sawah dari hama, dan lain sebagainya. Ketika konsep kembali ke alam dan natural diterapkan, maka butuh extra usaha dibanding menggunakan pupuk kimia yang pasti lebih cepat prosesnya tapi ada resiko yang akan dihadapi khususnya , dampak terhadap lingkungan dan keberlanjutan dari alam sekitarnya ataupun kesuburan lahan pertanian tersebut. Beberapa kasus yang terjadi pada lahan tidur, ditenggarai karena penggunaan bibit ataupun pupuk kimia. Sehingga cepat produksi dan melimpah tapi hanya beberapa waktu saja, ada batasnya.

Pesan singkatnya adalah jika ingin menjadikan revolusi diri sebagai proses yang berkelanjutan baik pertumbuhan diri kita dan dampak dari self improvement itu sendiri yang terus menerus, maka tahap awal yang harus kita miliki adalah kesadaran untuk menjalani semua proses ini dengan terus menerus dan selalu ingat hasil dari proses ini harus berdampak baik untuk diri dan sekitar kita. Ketika bicara sekitar, maka baik untuk sesama manusia maupun lingkungan kita. Sekali lagi, kesadaran dan kepekaan itu ternyata memang menjadi koenci penting untuk memutuskan suatu revolusi itu berjalan seperti apa, bagaimana dan hasil yang diharapkan apa?

Saya menuliskan kesadaran akan kebutuhan revolusi diri saya ini sebagai upaya untuk mendokumentasikan prosesnya dengan harapan saya bisa belajar dan bisa jadi pembelajaran. PASTINYA rutinitas dan kesibukan hidup yang bising, kebisingan di padang gurun hidup kita ini akan jadi salah satu tantangan yang membuyarkan niat revolusi diri ini. Kalau gagal dan lelah jangan berhenti dan depresi, ampuni diri, belajar dan bangkit lagi untuk mulai lagi….Selama nafas masih Tuhan berikan jangan putus asa, ingat selalu Iman, harapan dan kasih! dan Kasih adalah yang terpenting! Kasihilah dirimu juga penting!!! Jadi lelah istirahat, tetap berjuang dan jangan lengah!!!

Analogikan juga seperti olahraga kan, awalnya cuman bisa berjalan, kalau dibiasakan dan dipaksanakan setiap hari, lama-lama jadi bisa berlari dan semakin jauh jaraknya. Otot juga gitu kan, awalnya cuman bisa angkat 5 KG lama-lama dilatih dan dilakukan setiap hari atau secara rutin bisa sampai kuat angkat puluhan sampai ratusan kilo!!! No Pain No Gain!!!

Silahkan paksa diri tapi tetap ingat untuk mengasihi diri juga yah….nah porsi pasnya seperti apa? disinilah kita butuh kebijaksanaan, wisdom untuk menakar porsinya agar tepat…tidak berlebihan. Caranya berdoa dan belajar lagi lihat proses kita… pokoknya konsep knowledge management system, juga harus dibangun didalam diri… ini yang sedang saya upayakan juga membangun system ini dalam self improvement saya….

Nah menuliskan proses atau konsep Curhat management hahaha, walaupun melalui tulisan bisa menjadi media terapi bagi mereka yang ingin menemukan kembali diri mereka atau memulihkan jiwa dan hati mereka yang hancur….Dan saya salah satu yang melakukan terapi ini….

Yang memicu tentunya derai air mata dan memory tentang kehilangan mama saya yang masih jelas membekas di pikiran dan hati saya… tapi kali ini revolusi yang saya lakukan adalah menuliskan bagaimana bersyukurnya saya karena terkabulnya doa saya untuk menemani mama disaat kepergian mama kembali kesurgaNYA.

Dan sungguh ketika saya mendengar lagu Way Maker, saya menyadari semua yang terjadi adalah karena Tuhan yang mempersiapkan, menguatkan dan terpenting mengabulkan doa saya. Saya berdoa agar diberikan kesempatan untuk disisi Mama saat terakhir karena pekerjaan saya travelling dan memang mama sejak awal sakit jantung totalnya hampir 10 tahun sampai akhirnya menjalani cuci darah. Dalam periode 10 tahun tersebut beberapa kali mama mengalami kritis, berhasil dilewati sampai akhirnya perjuangan Mama didunia berakhir dan meraih kemenanganNYA.

Saya membagikan rasa dan cerita ini, karena sesuatu yang mustahil untuk saya siap ditinggalkan Mama, saya pernah ada masa dimana berdoa ” lebih baik Tuhan ambil saya dulu saja, karena rasanya saya tidak sanggup hidup tanpa mama”. Sedekat itu kami, makanya situasi ini berat untuk Mama dan juga saya, nama sayalah yang terakhir mama sebut. Saya sadari sudah saatNYA dan saatnya bagi saya menggegam tangan mama sambil terus berdoa dan mengucapkan Mama, Tuhan akan jaga mama jauh lebih baik dari yang bisa saya lakukan, Tuhan tolong mama dan jaga mama, pergi dalam damai Mama, Tuhan akan jaga aku juga. Dan Mama pergi kesurgaNYA ditemani dan dikelilingi oleh anak-anak, cucu, dan menantu Mama. Dokter yang menolong Mamapun sampai menangis saat itu. Detik-detik mama pergi, saya langsung menunduk, perut saya bagai ditendang begitu keras, sakit sekali. Stress luar biasa. Tapi saya yakin DIA menguatkan saya untuk terus berdoa dan iklas!

Dan semakin saya sadari Tuhan itu sungguh ADA dan NYATA, dan sungguh lirik lagu ini sangat menguatkan masa perjuangan saat lalu, saat ini dan dimasa yang akan datang. Kiranya memberkati dan menguatkan sahabat sekalian juga.

” Way Maker”- Leeland

You are mending every heart!

Even when I don’t see it, You’re working
Even when I don’t feel it, You’re working
You never stop, You never stop working
You never stop, You never stop working!

YOU ARE Miracle worker, promise keeper
Light in the darkness. My God, that is who You are

Kiranya Tuhan memberkati semua niat dan upaya baik selama hidup kita, khususnya perjuangan 355 hari mendatang dan revolusi di hidup kita amin!

Have a blessed New Year and Life beautiful people!

Salam,

Sahabatmu 🙂

By 9reat9

Love writer and hunter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s