Categories
Uncategorized

Renovasi Diri

Konkow

Pagi ini aku dan semesta janjian ngopi di tempat biasa yang selalu kami datangi, di daerah kemang. Semesta suka sekali nongkrong di daerah kemang dan sekitaran Jakarta Selatan, entah kenapa juga, salah satu cita-cita anehnya dapet partner anak Jakarta Selatan. Dan sayangnya semua anak selatan yang dia pernah pacarin berakhir menjadi mantan hahahaha…. upz… aku pernah bilang sama dia “susuk apa jimat loe tuh keknya  ga berguna di Jakarta Selatan hahhaha”, lagian kenapa sih harus anak jaksel banget? Dia jawab:  “gimana yah anak jaksel itu identik gaul, keren-keren dan solid (makanya tongkrongan anak muda itu baik yang gratisan sampai mahal banyakan di  Jakarta Selatan), lagian lebih gampang punya cita-cita anak jaksel (doang) daripada anak HARVARD haahaha” Iya juga sih…

Semesta akan rela menempuh kemacetan dari daerahnya di Jakarta Pusat, demi nongkrong di sekitaran Jaksel. Dan untuk menghindari kemacetan dia selalu memilih janjian pagi banget atau malem banget hahaha….Dan hari ini dia milih kita sarapan bareng…. btw yah kami itu anaknya ga kreatif, kalau udah suka sama satu tempat, jarang banget pindah….nah di kedai kopi ini, makanan dan kopi nusantaranya enak banget….outdoornya juga cozy…. Kesamaan kami berdua itu, kami itu anak outdoor banget, makanya kami lebih senang disebut seniman , karena jiwa kami itu selalu menginginkan kebebasan…. bebas berpikir bahkan yang abstrak, bebas menuangkan ide, bebas nyampah, bebas mentertawakan hidup dan bebas ngomong tanpa disaring hahahaha….

Tapi itu cuman mimpi aja, kami tidak pernah-pernah menjadi seniman sejati dan menikmati kebebasan kami…… aku yang mimpinya jadi musisi dan kerja jadi tim creative film makernya Walt Disney akhirnya memilih untuk berkarir di salah satu badan dunia yang salah satu kerjaannya adalah perumusan kebijakan ataupun memberikan rekomendasi kebijakan yang akan diawali oleh riset-riset dan pengembangan strategic papers… Dan semesta sang pelukis itu, dia memilih untuk menjebakan dirinya sebagai banker, setelah dia gagal berkali-kali membuka bisnis  gallery seni.

Keluarga kami sama-sama pebisnis, kalau aku khususnya Ibuku pernah mendapatkan award sebagai pengusaha sukses dari pemerintah pusat dan daerah, bahkan aku kadang merasa dididik dengan mental pebisnis tapi hati&jiwanya non profit halah hahaha…., Yah aku dan semesta sama-sama pernah memulai beberapa bisnis yang sesuai dengan minat kami, tapi belum berhasil…. Untuk saat ini kami fokus kepada pekerjaan dan karir kami saat ini, jujurnya aku tidak pernah menyangka dan bermimpi bisa menjadi bagian dari badan dunia dan bekerja menangani beberapa isu krusial terkait dengan pembangunan….maklum jaman sekolah dan kuliah bukan anak yang suka betah belajar dikelas , sekali lagi anakny anak outdoor banget…. jaman sekolah, jangankan ikutan OSIS, kerjaannya latian maen basket dan latian (beberapa) band hahaha, jaman kuliah aku menghabiskan sebagian besar waktuku untuk sibuk berorganisasi, latian band kesana-sini untuk pertunjukan ataupun pelayanan, sibuk ikut diskusi terbuka dan tertutup, ikut leadreship training, sibuk ikut semua kompetisi baik yang serius ataupun kompetisi basket….TAPI kalau soal belajar di kelas, mesti banget di miss call-in dulu oleh temen sekelasku kalau dosennya udah dateng, karena aku nongkrongnya pasti di sekretariat organisasi, mesti banget buku-buku bacaan dan catatan di fotocopyiin dan dipinjemin oleh temen-temenku….. PRINSIPku ya kalau buku ga dibaca ngapain juga gw beli, kan bisa pinjem HEMAT dan RAMAH LINGKUNGAN hahahaha…… BERUNTUNGYA  sahabat-sahabatku jaman kuliah anak-anak pinter, cerdas, rajin dan baik hati…. jadi hidupku dibantu dan diarahkan ke jalan yang benar, bayangkan ngurusin KRS aja aku dibantuin sama temenku, baru semester 5 atau 6 saatnya jurusan kami terpisah, aku bisa urusin sendiri KRSku…… Tuhan juga baik banget nilaiku diatas rata-rata dan lulus 3,5 tahun….pastinya dengan KEAJAIBAN, PERTOLONGAN TUHAN dan BANTUAN dosen, orang tua dan teman-temanku….

Nih kopi loe, espresso extra shot!, semesta memecahkan lamunanku….. semesta meletakan kopi ku di meja kita sambil dia bentangkan lukisan senja dengan tulisan “senja selalu mengingatkan kita bahwa terang dan gelap hanya sementara” Wow ini keren banget… iya ini buat loe… wow thanks yah, sesuatu banget loe sempet buat lukisan ini…

Iya biar loe inget kalau hidup kita itu singkat dan sementara, terang dan gelap itu juga sementara…yang pasti itu cuman perubahan….Jadi gimana loe udah mulai proses perubahan loe? transformasi loe?

Aku lebih senang menyebutnya renovasi kali yah, atau lebih tepat kalau aku bilang renovasi aja dulu sebelum proses transformasi, menurutku hidup gw sekarang tuh bagaikan rumah tua yang perlu direnovasi sana-sini dulu, dibenerin lagi pondasinya yang udah retak-retak, dibenerin  lagi atap yang udah mau rubuh dan di cat lagi semuanya biar bersinar dan nyaman untuk didiami bersama….

Jadi aku udah mulai nih proses renovasi jiwa dan raga gw, salah satunya mulai bersih-bersih baik jiwa dan raga, diliat mana yang keropos mau diganti, diliat lagi mana yang perlu diperbaiki, terutama mental diperbaiki supaya punya mental untuk terus berjuang dan jangan cepat puas, mental supaya ga lihat dan inget terus kesuksesan yang jaman dulu pernah diraih….. Salah satu yang gw renovasi juga hubungan gw dengan Tuhan sang pencipta gw…. biar gw selalu memiliki rasa syukur, cinta kasih dan kebijaksanaan, hem terlebih saat ini gw beneran butuh kedamaian dan ketenangan…

Makanya gw butuh kebijaksanaan dan bantuan Tuhan untuk proses renovasi total hidup gw ini, biar gw kuat jalanin semua ini…. proses memulai ataupun membangun itu paling susah banget yah….. gw rasa gw ga kuat deh jalanin ini sendiri, makanya gw butuh Tuhan untuk memberkati, membantu dan kasih gw kekuatan untuk proses ini….

Gw juga butuh kebijaksanaan untuk memulai bebernah diri dan membenahi hubungan gw dengan sesama di sekitar gw ataupun sesama yang ga  gw kenal sekalipun…. gw mulai mensortir apa yang harus gw lakukan, apa yang harus gw pertahankan dan apa yang harus gw hilangkan dari hidup ataupun relasi gw….  Kadang gw lupa yang terpenting dari semua renovasi ini adalah kedamaian dan sukacita diri gw….  kalau ada cinta kasih dan kelembutan hati maka ada kedamaian dan sukacita, itu terus yang gw inget…..

Sungguh berharap untuk terus dapat mensyukuri dan menyadari keajaiban yang Tuhan lakukan dalam hidup gw, semuanya itu baik. Waktu Tuhan selalu yang terbaik. Kita manusia itu berharga dihadapanNYA dan lihatlah bagaimana Tuhan begitu mencintai kita. Dan ingatlah jika ada seseorang yang membuat kamu merasa rendah, merendahkan kamu, menghina kamu, ataupun membuat kamu tidak berharga, segeralah pindahkan dia dari hidup kamu dan  letakan dia pada tempatnya… kamu tidak layak untuknya…. dia lebih layak di tempat yang harusnya dia tinggali…dan yang jelas itu bukan di hati kamu….