Categories
Uncategorized

Catatan 30 Maret 2019

Gbu more mama

30 Maret 2019

Hari ke 12 kami camping di Rumah Sakit!

 for Victory!!! Semangat pagi dari Ibu Jenderal yang sudah dimandiin dan disuapin sarapan sama anak bontotnya 🐼 Bersyukur Mama walau belum stabil sudah semangat mandi&sarapan tadi bilang sama gw “Mama mau cepet sembuh” 🤗 .

Ga ada yang spesial, karena memang setiap hari sebelum berangkat kantor saya pasti Mandiin dan Suapin Sarapan Mama, setiap malam saya bobo di kursi camping jagain Mama (makanya saya bilang camping), bukan ga bisa gantian, tapi radar saya lebih terlatih, kalau mama sesek walau ga bilang saya pasti kebangun. Dan dari awal opname walau Unit ini ga boleh keluarga nemenin pasien dlm ruangan, krn mama suka gelisah dan emosian, suster emang minta ada yg tidur di dalam 1 org.

Semakin hari saya semakin bersyukur dikasih kekuatan, cinta&berkatNYA untuk merawat dan menjaga Mama. Walau jujur sangat tidak mudah utk saya menguasai emosi dan menjaga fokus konsentrasi saya antara Rumah Sakit – Kantor – Rumah (karena ada pawkids sih 🐶🐕 suka kepikiran) …. .

Hari ini yang spesial karena pas mandi Mama bilang “Mama mau cepet sembuh🔥 Setelah melalui episode yang lumayan tegang hari Kamis dan Jumat:
Hari Kamis sore gw di teleponin 2 kali dan sampai dadakan ninggalin rapat karena Mama sesek banget&kk gw takut.

Ternyata di Kamis malem kondisi mama cukup mengkhawatirkan, sesek, muntah, seharian ga tidur,& Jumat jam 3 pagi mama sesek sampai keringatan banyak banget dan tensi mama 255/ 120😥, padahal Jumat itu jadwal mama harus cuci darah dan transfusi 2 kantong darah. Jangan tanya paniknya gw😥 sampai Jumat sore gw masih pakai baju kemarin dari kantor, baru sempat tidur dan mandi selesai Mama cuci darah dan transfusi darah, tidur pun karena ketiduran di kursi nungguin antrian kamar mandi ruang tunggu keluarga pasien.😅 .

Terima kasih buat mereka yang selalu menjaga kewarasan saya, tips agar selalu waras disaat emosi dan energi terkuras: membangun inner circle dan supporting system yang iklas menerima kekurangan dan kegilaan kamu ketika stress!!!

Dan akui aja kelemahan kita dan kita ga kuat menghadapinya sendirian. Have a blessed day beautiful people with beautiful soul!!! Love ya Gbu

Categories
Uncategorized

2019: Ketika Cahaya Hidupku Redup; “Catatan 33 Hari Perjuangan dan Pengharapan

“Tuhan tak pernah janji. Langit selalu biru. Tetapi Dia berjanji Selalu menyertai.
Tuhan tak pernah janji Jalan selalu rata. Tetapi Dia berjanji Berikan kekuatan.
Jangan pernah menyerah Jangan berputus asa. Mujizat Tuhan ada Saat hati menyembah.Mujizat Tuhan ada Bagi yang setia dan percaya.”(Lagu ini selalu kami mainkan di HP mama dan menemani perjuangan 33 hari Mama dari opname sampai akhirnya berangkat ke surgaNYA.)

20200329_180819

Ini photo pas kita belum dapet kamar mesti nginep di UGD

Jika aku masih bernafas dan mampu menjalani hidupku hingga saat ini itu karena cinta dan kebaikan Tuhan, Minggu, 21 April 2019 saat Vigili Paskah pukul 01:30  adalah hari dimana aku kehilangan seseorang yang menjadi alasan kenapa aku hidup dan berjuang selama ini, Ibuku, cahaya dan cinta hidupku. Ibuku yang tanggal dan bulan lahirnya bahkan sama dengan aku. Ibuku yang memiliki kedekatan secara emosional denganku. Aku tidak pernah sanggup membayangkan hidupku tanpa kehadiran Mama. Bahkan aku pernah berdoa beberapa dekade yang lalu ketika aku masih begitu muda beliau “Tuhan, aku rasa, aku tidak akan pernah sanggup hidup tanpa Mama, kiranya Tuhan ambilah nyawa ini terlebih dahulu, karena sungguh aku tidak mampu membayangkan hidupku tanpa Mamaku. Aku sangat mencintai Mama dan semua yang aku lakukan dan aku perjuangkan untuk membuat Mama bahagia dan bangga. Setiap hari aku berdoa kepada Tuhan agar memampukan untuk menjaganya dan membahagiakan Mama.

Dan sejak akhir 2014, aku memiliki waktu secara berkualitas untuk merawat, menemani dan menjaga Mama di kampung halamanku dan kota kelahiranku, iya kami tinggal berdua saja dirumah, bahkan aku selalu tidur berdua dengan Mama, bahkan sampai saat dirumah duka pun, aku menemani tidur mama Mama yang sudah berada didalam peti, aku tidur dibawah dirumah duka itu 😥 Dan ada momen dimana aku sendirian dirumah duka dan kami berdua saja…. ah rindunya setiap pagi dan malam mencium kening Mama dan mengucapkan selamat pagi dan selamat malam, diiringi dengan i love you and God bless you Mama….:)

Akhirnya aku memaksa diriku untuk menuliskan catatan harian selama 33 hari perjuangan Mama sampai akhirnya Mama mengalami kemenangan yang sungguh indah. Mama pergi disaat semua anak, mantu dan cucu Mama berkumpul dan disaat semua umat sedang merayakan malam Paskah. Aku menuliskan ini dengan air mata yang berlinang, masih ada lubang besar dihatiku dan ketika semua orang bilang cepet yah sudah setahun ternyata Mama meninggal dunia, dalam hati aku berkata, buatku lama sekali.. Karena aku hancur, sungguh hancur saat Mama pergi, duniaku gelap, bahkan aku tidak tahu harus apa saat itu, cahayaku redup, jiwaku hilang, dan rumah menjadi tempat yang aku benci apalagi ketika aku sendirian. Aku benci ketika aku harus menangis meraung-raung, mencari Mama dan sungguhkah ini terjadi ? aku sungguh berharap ini mimpi dan jika ini mimpi aku tidak akan mau bermimpi seburuk ini…..

Dan yang membuat aku semakin depresi, aku tidak pernah mampu menangis dan mengekspresikan kesedihan di depan keluarga dan teman-teman aku, entahlah… jadi rasa sakit itu sungguh menetap dan disatu sisi akupun merasa sangat bersalah, karena sungguh aku ingin Mama tenang disurgaNYA aku tau ini yang terbaik untuk Mama. Mama sudah tidak sakit lagi, aku juga sudah tidak sanggup sebenarnya melihat mama kesakitan, tapi kadang aku berharap mukzizat Tuhan, aku ingin Mama lebih lama lagi agar aku bisa membahagiakan Mama dan menjaganya dengan hidupju.

Aku tau sungguh perasaan aku sama Mama itu sama, malam setelah pemakaman Mama, aku tidur ditempat biasa kami tidur berdua, setelah 33 hari aku memilih untuk tidur di rumah sakit menemani Mama. Malam itu aku merasakan ada yang memeluk begitu erat…dan aku yakin itu Mamaku…. Itu pelukan balasan dari Mama, karena detik-detik nafas terakhir Mama aku memeluk mama begitu erat, ku bisikan doa di telinga Mama, dan kupegang tangan Mama erat sambil aku bilang “Mama pergi ke surgaNYA dalam damai yah Mama, Mama percaya Tuhan baik, Tuhan sayang Mama dan Tuhan akan jaga Mama lebih baik dari aku bisa menjaga Mama. Aku akan baik-baik aja…..

Aku sampaikan aku akan baik baik saja, karena aku yakin Mama berat sekali meninggalkan aku, beberapa malam di opname di Rumah Sakit, namakulah yang disebut Mama dalam tidur Mama. Kata kakakku Mama mengigau dan manggil nama kamu , nama lengkap kamu yang Mama sebut, padahal aku loh yang lagi jagain Mama kata kakakku 🙂

Aku menuliskan catatan harian ini sebagai terapi aku, melihat kembali untuk menyadari bagaimana Tuhan setia menyertai perjuangan kami, khususnya Mama. Dan kasih dan pertolongan Tuhan tidak pernah habis-habisnya , bahkan sampai detik ini. Terima kasih Tuhan….

Perjuangan Mama dimulai hari Kamis 19 Maret 2019, sejak mama cuci darah, aku selalu menyempatkan setiap Senin dan Kamis menemani Mama cuci darah ataupun pulang kantor bareng Mama. Kebetulan kantorku dan Rumah Sakit cuci darah Mama tidak jauh,  dan kamis hari itu kami pulang bareng, aku dari kantor dan Mama abis dari RS. Kami memutuskan dinner bersama, seperti biasa kami pasti dinner, karena Mamaku suka susah makan, jadi setelah HD semua yang Mama mau makan pasti kita turuti. Malam itu, seperti biasa tidak ada sesuatu yang mencurigakan, hanya ketika perjalanan pulang tiba-tiba Mama ketika bicara, tidak mampu menyelesaikan setiap kalimatnya, kami pikir saat itu Mama kekurangan oksigen atau tensi mama sedang tinggi.

Padahal saat itu terjadi kita sudah didepan rumahku, akhirnya aku sangat khawatir dan berpikir sepertinya ada yang salah ga biasanya Mama tidak bisa menyelesaikaan kalimat Mama, iya aku yang selalu berlebihan dan khawatir kalau sesuatu terjadi dengan Mamaku. Akhirnya kata kakaku, mungkin mama kurang oksigen, jadi kita langsung isi tabung oksigen dirumah, memastikan penuh. Kami punya tabung oksigen karena mama beberapa kali sesek nafas kalau sudah kebanyakan minum.

Aku mikir mungkin juga sih, mama kecapean…Akhirnya setelah mama minum obat, mama istirahat. Besok paginya, mama sedang ngobrol dengan adik sepupuku dan mama tetap tidak bisa menyelesaikan kalimat Mama. Aku langsung deg-degkan khawatir dan telepon kakaku, Mama harus segera dibawa kerumah sakit karena ini udah ga beres, secara fisik mama sehat, tapi aku curiga kenapa tidak bisa menyelesaikan kalimat Mama. Tapi mamaku itu penuh semangat dan sukacita, jadi kalau mama tidak bisa selesaikan kalimat, Mama pasti ketawa sendiri 🙂

Akhirnya kami memutuskan langsung ke RSPAD, aku dadakan cuti untuk antar mama, Puji Tuhan, di kantorku mendapatkan keleluasan untuk bisa cuti dadakan, karena kantorku sudah paham bahwa aku menjaga Mama. Dan memang Mama sejak 2010 juga sudah beberapa kali  bolak balik opname.

Sampai dirumah sakit dokter menyampaikan bahwa Mama terkena stroke, itulah kenapa mama tidak bisa menyelesaikan kalimat Mama. Saat di UGD Rumah Sakit mama masih seger dan sehat, tidak ada yang mengkhawatirkan. Namun yang buat cukup challenging adalah Unit Stroke itu penuh dan mama harus menunggu untuk dapat ruangan. Kondisi UGD itu cukup buat stress yah sebenarnya, jadi Mama juga jadi ga nyaman dan ga sabar, tapi kondisi Mama masih stabil dan sadar. Akhirnya mama harus menginap di UGD untuk menunggu kamar di unit stroke.

Kami menginap di UGD, aku tidur sebelah mama, dikursi maksudnya. Dan sudah bawa baju kerja untuk besok kerja berangkat dari RS. Kata kakakku tinggal nunggu kamar aja dan mama juga masih stabil kondisinya, masih sadar, mau makan bahkan besok paginya Mama juga masih bisa jalan ke kamar mandi. Abis bersih bersih pagi, dan sarapan pagi aku bilang mama, aku boleh ke kantor apa engga? Mama bilang udah gpp ke kantor aja, kan ada kakak dan ponakanku yang jaga mama. Abis suapin mama sarapan, aku akhirnya mandi di kamar mandi mushola, karena kamu belum dapat kamar kan. Abis itu aku pamit ke kantor.

Selama di kantor aku bolak balik  telepon kakaku, dan belum dapat kamar juga. Sampai akhirnya siang itu kakaku telepon dengan panik, kamu cepat kerumah sakit Mama kena serangan, cepet kamu kesini. RS tidak jauh dari kantor, aku langsung meluncur, dan aku lihat mama yang masih di UGD terkena stroke, mata, mulut dan tangan semuanya goyang dan kejang-kejang… Aku pegang dan bacakan doa untuk Mama, aku mainkan lagu Bapa Kami yang ada di HPnya Mama, saat itu aku sungguh tidak sanggup dan tidak tega lihat kejang mama sangat kesakitan. Lalu dokter memutuskan untuk mensuntik mama dengan obat penenang.

Kakaku sudah menangis keras, karena khawatir mama ga bangun lagi setelah disuntikan obat penenang itu. Aku biasanya kalau kakaku panik, selalu yang paling dapat tenang dan memaksa diriku untuk tenang, Puji Tuhan mama bangun, dan aku langsung telephone dokter mama, sampaikan kondisi mama dan berharap segera bisa dapat kamar. Aku telephone dan minta doa kepada tanteku dan kakakku yang lain, kakakku sedang di perth saat itu, jadi aku telepon kakak ipar dan para ponakanku. Puji Tuhan  akhirnya sore itu, kami semua berkumpul diUGD, dan aku memutuskan untuk mencari Pastor untuk memberikan Mama Sakramen Perminyakan atau Pengurapan orang sakit.

Aku ditemani tante dan kakak iparku mencari pastor di beberapa gereja, beberapa pastor tidak bisa sampai akhirnya kami mendapatkan pastor disebuah biara. Puji Tuhan sekali beliau bisa. Kami kembali menuju ke UGD, dan kebetulan tidak jauh biara tersebut dengan rumah sakit mama. Ketika di UGD keluarga kami sudah berkumpul, aku lihat mama sudah dipasangkan alat-alat monitor, dan mama bangun dari tempat tidur dan marah melepaskan semu alat-alat itu. Mama kesel karena pengen segera masuk kamar perawatan di Unit Stroke. Setelah melihat kondisi kamu memutuskan ibadahnya sebaiknya di kamar perawatan saja, setelah mama dipindahkan ke kamar. Dan Puji Tuhan setelah sampai kamar, Mama jauh lebih tenang dan walaupun ngomongnya masih cadel, tapi sudah sedikit jelas dan mama ga perlu pake sonde (selat makan dari hidung). Aku ga kebayang sih kalau situ mama makan pake sonde, pasti mama tambah drop lagi.

Sampai di ruang perawatan teman-teman kantorku datang, aku begitu terharu dengan kedatangan teman-teman kantorku, dan aku minta maaf karena mama baru masuk kamar dan baru akan dimulai ibadah, akhirnya teman-teman kantorku yang nasrani mengikuti ibadah. Inilah terharu dan bersyukurnya aku, ibadahnya cukup ramai dan banyak yang mendoakan. Setelah menerima sakramen perminyakan, mama jauh-jauh lebih tenang, dan kata Ibu-ibu teman kantorku “Mama kamu sangat tenang dan damai yah tadi pas ibadah”

Setelah ibadah, tante, ponakan, sepupuku dan keluarganya pada datang ke rumah sakit, Mama senang sekali, bahkan walau ga bisa lancar ngomong mama bilang itu tante dan sepupuku disuruh bawa makanan (ponakanku bawain kue-kue setelah pulang kantor gitu). Mama itu selalu memikirkan orang lain, bahkan disaat sakit seperti ini, orang lain tetap mama pikirkan dan pastikan mereka semua terlayani dengan baik.

Mama juga punya keahlian dalam menahan rasa sakit, penuh semangat dan sukacita dalam perjuangan sakit mama, aku ingat sekali saat itu mama pengen ngomong tapi susah kan yah, setiap susah ngomong mama pasti ketawa….bayangkan mama ketawa karena lucu aja kok bisa ngomong tapi ga jelas dan ga bisa nyelesaikan omongannya. Waktu aku bercandain, apa ma? mama mau nonton ke XXI, mama ketawa bahagia banget…. Begitulah mama kami, masih bisa penuh semangat dan sukacita. Malam itu mama sungguh mengalami perkembangan, walau cadel tapi mata dan bibir mama semua NORMAL KEMBALI. Ga miring sama sekali dan ga kejang seperti pasien stroke lainnya. MUKZIZAT TUHAN luar biasa memang. Mama juga sudah mau makan dan bisa video call dengan kakaku yang di perth. Ada satu hal lagi yang bikin aku terharu, ponakan laki-lakiku menangis ketika melihat mama diruang perawatan, Mamaku malah ketawa dan bilang, kamu kenapa benz …Mama gpp kok, kenapa nangis sih, sambil mama ketawa lagi.

Ponakanku sangat sedih, Mama kami yang selalu kuat,tegar dan JENDERAL perang itu sempat terkulai lemah dan kejang. Saat itu melihat progress mama dan ibadah sakramen perminyakan berjalan lancar, aku cukup tenang, tidak ada pikiran jelek tentang apapun, dan seperti biasa aku yakin Mama pasti sembuh.

Setelah semua keluarga pulang, seperti biasa aku, kakakku dan ponakanku kesayangan Mama, menginap di RS, karena mama masih belum bisa tenang dan masih suka marah-marah, suster dan dokter meminta kami untuk menemani mama tidur di kamar, padahal harusnya ga boleh, tidurnya harus di ruang tunggu pasien diluar kamar. Aku sangat senang temani mama tidur, yeaay seperti biasa kami tidur berdua dirumah kami. Mama bobo dengan tenang malam itu. Aku juga demikian.

Besok paginya mama seperti biasa bangun pagi, dan mama minta diantarkan ke kamar mandi, mama ngotot jalan ditemenin ke kamar mandi, padahal sebenarnya ga boleh mama turun dari tempat tidur. Tapi aku udah tau sih mama aja susah disuruh pake pampers kalau ga dipaksa apalagi disuruh di tempat tidur aja.

Begitulah Ibu Jenderal kesayanganku ini loh…. sampai pernah ada suatu kejadian ketika dokter belum cek mama yah dan mama ga sabar, mama turun dari tempat tidur dan datengin dokter itu, sampai kaget banget dokternya lah ini pasien kok jalan jalan dan nanya saya kok belum diperiksa sih dok…. Sampai susternya dimarahin dokter…..

Mama hari itu seger banget dan aktif banget, latian ngomong terus, dan memang jauh lebih lancar. Makan juga ga perlu pake selang, makan nasi seperti biasa…sejak hari itu dan beberapa hari kedepannya mama sebenarnya sudah aktif, seperti mama sudah dandan sendiri sebelum cuci darah. Mama itu ibu jenderal dan oma cantik yang pasti selalu rapih dan harus dandan kalau cuci darah. Mama itu sangat terkenal dan dikenal dari tukang parkir, tukang kantin, satpam,  duh semua unsur dirumah sakit deh. Bangga banget deh jadi anaknya Ibu Jenderal yang selalu terkenal akan kebaikan hatinya, kecantikan dan semangatnya.

To be continued yah…

 

 

Categories
Uncategorized

Senja dan Pelukan Doa

1899918_10152051702218014_1481262617_nUntukmu Senja yang selalu aku nantikan dan aku rindukan…

Aku selalu menantikan kehadiranmu, walaupun itu berarti harus membuatku menunggu untuk dapat melihat keindahan dan kehangatanmu….

Keindahan selalu membuat aku terpesona, indahnya warna-warnamu mewarnai hari-hari dan hidupku… Setiap kau hadir, tak mampu kutahan rasa kagum dan rasa syukurku atas kamu dalam hidupku…. Setiap saat kau hadir, aku mengucapkan syukurku pada DIA sang pencipta. Terima kasih Tuhan atas senja dalam hidupku. Senja yang selalu membuat hidupku indah dan mampu memberikan aku semangat baru setiap harinya hanya untuk menantikannya datang lagi…

Sejak hari itu kita bertemu, kau merubah kegelapan hariku menjadi hari-hari yang indah… Dan setiap harinya aku akan selalu menantikan kamu… walaupun hanya singkat karena langit harus berganti malam… keindahan dan kehangatanmu abadi di hidup dan hatiku…

Warna indahmu melukiskan senyum abadi di hatiku… Mungkin kamu tidak pernah tau betapa aku mensyukuri kehadiranmu dalam hidupku dan mungkin aku yang tidak mampu menyampaikan apa yang aku rasakan…. Melihat indahmu, aku pun menyadari, begitu banyak jiwa yang pastinya menantikan, membutuhkan, dan mencintaimu… Dan aku menyadari, hatimu begitu ramai untuk mereka, dan tidak ada tempat untukku di hatimu…atau mungkin aku tidak pernah terbersit dalam pikiranmu…

Aku bagaikan sebutir pasir diantara luasnya hamparan pasir pantai yang tak mampu kau sadari dan kenali, aku pun rela hati menerima kenyataan itu dan yang hanya mampu aku lakukan setiap harinya adalah mendoakanmu… Sejak hari itu, kau selalu ada dalam doaku…setiap kali namamu kusebut dalam doaku, mataku berlinang, air mataku menetes begitu saja, indahnya cinta yang kamu berikan menghangatkan hatiku… senja, aku mensyukurimu dan aku ingin kamu terus berbahagia, aku ingin kamu terus menyinarkan keindahan dan memberikan kehangatanmu agar setiap insan bisa tersenyum kembali, seperti yang telah kau lakukan padaku…

Terima kasih senjaku.. kutitipkan rindu dan cintaku pada DIA sang pencipta…  teruslah berbahagia dan memancarkan keindahanmu…

Yang selalu menantikan dan mendoakanmu 🙂

 

Categories
Uncategorized

Renovasi Diri

Konkow

Pagi ini aku dan semesta janjian ngopi di tempat biasa yang selalu kami datangi, di daerah kemang. Semesta suka sekali nongkrong di daerah kemang dan sekitaran Jakarta Selatan, entah kenapa juga, salah satu cita-cita anehnya dapet partner anak Jakarta Selatan. Dan sayangnya semua anak selatan yang dia pernah pacarin berakhir menjadi mantan hahahaha…. upz… aku pernah bilang sama dia “susuk apa jimat loe tuh keknya  ga berguna di Jakarta Selatan hahhaha”, lagian kenapa sih harus anak jaksel banget? Dia jawab:  “gimana yah anak jaksel itu identik gaul, keren-keren dan solid (makanya tongkrongan anak muda itu baik yang gratisan sampai mahal banyakan di  Jakarta Selatan), lagian lebih gampang punya cita-cita anak jaksel (doang) daripada anak HARVARD haahaha” Iya juga sih…

Semesta akan rela menempuh kemacetan dari daerahnya di Jakarta Pusat, demi nongkrong di sekitaran Jaksel. Dan untuk menghindari kemacetan dia selalu memilih janjian pagi banget atau malem banget hahaha….Dan hari ini dia milih kita sarapan bareng…. btw yah kami itu anaknya ga kreatif, kalau udah suka sama satu tempat, jarang banget pindah….nah di kedai kopi ini, makanan dan kopi nusantaranya enak banget….outdoornya juga cozy…. Kesamaan kami berdua itu, kami itu anak outdoor banget, makanya kami lebih senang disebut seniman , karena jiwa kami itu selalu menginginkan kebebasan…. bebas berpikir bahkan yang abstrak, bebas menuangkan ide, bebas nyampah, bebas mentertawakan hidup dan bebas ngomong tanpa disaring hahahaha….

Tapi itu cuman mimpi aja, kami tidak pernah-pernah menjadi seniman sejati dan menikmati kebebasan kami…… aku yang mimpinya jadi musisi dan kerja jadi tim creative film makernya Walt Disney akhirnya memilih untuk berkarir di salah satu badan dunia yang salah satu kerjaannya adalah perumusan kebijakan ataupun memberikan rekomendasi kebijakan yang akan diawali oleh riset-riset dan pengembangan strategic papers… Dan semesta sang pelukis itu, dia memilih untuk menjebakan dirinya sebagai banker, setelah dia gagal berkali-kali membuka bisnis  gallery seni.

Keluarga kami sama-sama pebisnis, kalau aku khususnya Ibuku pernah mendapatkan award sebagai pengusaha sukses dari pemerintah pusat dan daerah, bahkan aku kadang merasa dididik dengan mental pebisnis tapi hati&jiwanya non profit halah hahaha…., Yah aku dan semesta sama-sama pernah memulai beberapa bisnis yang sesuai dengan minat kami, tapi belum berhasil…. Untuk saat ini kami fokus kepada pekerjaan dan karir kami saat ini, jujurnya aku tidak pernah menyangka dan bermimpi bisa menjadi bagian dari badan dunia dan bekerja menangani beberapa isu krusial terkait dengan pembangunan….maklum jaman sekolah dan kuliah bukan anak yang suka betah belajar dikelas , sekali lagi anakny anak outdoor banget…. jaman sekolah, jangankan ikutan OSIS, kerjaannya latian maen basket dan latian (beberapa) band hahaha, jaman kuliah aku menghabiskan sebagian besar waktuku untuk sibuk berorganisasi, latian band kesana-sini untuk pertunjukan ataupun pelayanan, sibuk ikut diskusi terbuka dan tertutup, ikut leadreship training, sibuk ikut semua kompetisi baik yang serius ataupun kompetisi basket….TAPI kalau soal belajar di kelas, mesti banget di miss call-in dulu oleh temen sekelasku kalau dosennya udah dateng, karena aku nongkrongnya pasti di sekretariat organisasi, mesti banget buku-buku bacaan dan catatan di fotocopyiin dan dipinjemin oleh temen-temenku….. PRINSIPku ya kalau buku ga dibaca ngapain juga gw beli, kan bisa pinjem HEMAT dan RAMAH LINGKUNGAN hahahaha…… BERUNTUNGYA  sahabat-sahabatku jaman kuliah anak-anak pinter, cerdas, rajin dan baik hati…. jadi hidupku dibantu dan diarahkan ke jalan yang benar, bayangkan ngurusin KRS aja aku dibantuin sama temenku, baru semester 5 atau 6 saatnya jurusan kami terpisah, aku bisa urusin sendiri KRSku…… Tuhan juga baik banget nilaiku diatas rata-rata dan lulus 3,5 tahun….pastinya dengan KEAJAIBAN, PERTOLONGAN TUHAN dan BANTUAN dosen, orang tua dan teman-temanku….

Nih kopi loe, espresso extra shot!, semesta memecahkan lamunanku….. semesta meletakan kopi ku di meja kita sambil dia bentangkan lukisan senja dengan tulisan “senja selalu mengingatkan kita bahwa terang dan gelap hanya sementara” Wow ini keren banget… iya ini buat loe… wow thanks yah, sesuatu banget loe sempet buat lukisan ini…

Iya biar loe inget kalau hidup kita itu singkat dan sementara, terang dan gelap itu juga sementara…yang pasti itu cuman perubahan….Jadi gimana loe udah mulai proses perubahan loe? transformasi loe?

Aku lebih senang menyebutnya renovasi kali yah, atau lebih tepat kalau aku bilang renovasi aja dulu sebelum proses transformasi, menurutku hidup gw sekarang tuh bagaikan rumah tua yang perlu direnovasi sana-sini dulu, dibenerin lagi pondasinya yang udah retak-retak, dibenerin  lagi atap yang udah mau rubuh dan di cat lagi semuanya biar bersinar dan nyaman untuk didiami bersama….

Jadi aku udah mulai nih proses renovasi jiwa dan raga gw, salah satunya mulai bersih-bersih baik jiwa dan raga, diliat mana yang keropos mau diganti, diliat lagi mana yang perlu diperbaiki, terutama mental diperbaiki supaya punya mental untuk terus berjuang dan jangan cepat puas, mental supaya ga lihat dan inget terus kesuksesan yang jaman dulu pernah diraih….. Salah satu yang gw renovasi juga hubungan gw dengan Tuhan sang pencipta gw…. biar gw selalu memiliki rasa syukur, cinta kasih dan kebijaksanaan, hem terlebih saat ini gw beneran butuh kedamaian dan ketenangan…

Makanya gw butuh kebijaksanaan dan bantuan Tuhan untuk proses renovasi total hidup gw ini, biar gw kuat jalanin semua ini…. proses memulai ataupun membangun itu paling susah banget yah….. gw rasa gw ga kuat deh jalanin ini sendiri, makanya gw butuh Tuhan untuk memberkati, membantu dan kasih gw kekuatan untuk proses ini….

Gw juga butuh kebijaksanaan untuk memulai bebernah diri dan membenahi hubungan gw dengan sesama di sekitar gw ataupun sesama yang ga  gw kenal sekalipun…. gw mulai mensortir apa yang harus gw lakukan, apa yang harus gw pertahankan dan apa yang harus gw hilangkan dari hidup ataupun relasi gw….  Kadang gw lupa yang terpenting dari semua renovasi ini adalah kedamaian dan sukacita diri gw….  kalau ada cinta kasih dan kelembutan hati maka ada kedamaian dan sukacita, itu terus yang gw inget…..

Sungguh berharap untuk terus dapat mensyukuri dan menyadari keajaiban yang Tuhan lakukan dalam hidup gw, semuanya itu baik. Waktu Tuhan selalu yang terbaik. Kita manusia itu berharga dihadapanNYA dan lihatlah bagaimana Tuhan begitu mencintai kita. Dan ingatlah jika ada seseorang yang membuat kamu merasa rendah, merendahkan kamu, menghina kamu, ataupun membuat kamu tidak berharga, segeralah pindahkan dia dari hidup kamu dan  letakan dia pada tempatnya… kamu tidak layak untuknya…. dia lebih layak di tempat yang harusnya dia tinggali…dan yang jelas itu bukan di hati kamu….

Categories
Uncategorized

Dua Sloki Bicara Hati

FB_IMG_1584812570725

Beberapa hari ini Jakarta hujan deras dan langit begitu gelap, rintikan air hujan yang  membasahi kaca ruangan kantorku, membuatku teringat akan suatu hal yang mengganggu hatiku, namun dering telephone memecah keheningan dan kudengar suaranya semesta yang entah mengapa kalau pagi sampai sore hari suaranya ga ada merdu-merdunyanya “hola cuy ikutan nongkrong nanti? loe kemana aje? ga nyaut di group? aku jawab “sibuk keleus kerja!” , lagi banyak banget cuy ini segala macam research, report, dan paper works….. ,

“Woelah cuy sebanyak itu yang harus dikerjakan oleh otak loe, masih aja loe sempet galau…. ”  sialan dalam hatiku , sotoynya dia emang lebih sering banyak benernya hahahaha….. udahlah ikut aja nongkrong nanti, gw bawain loe liquor  nih…bisalah mencerahkan otak dan hati loe untuk  matangkan lagi rencana loe itu….

Hem…., kali ini gw ga ikutan nongkrong deh, lagi melatih diri gw dan ngurang-ngurangin yang harus gw kurangin tapi suka gw kangenin (gimana dong)….hahahahaa… loe tau kan gw udah berhenti…. dan susah banget cuy berhentinya,,,, gw takut bakalan mulai lagi kalau kondisi  hati gw lagi rusak gini….

“”Eaaaa ngaku juga dia akhirnya…” tereak semesta meledekku…. terus gimana dong, ga ada loe ga rame nih dan percuma loe balik cepet, tidurnya pagi juga…. Makanya lagi gw kurang-kurangin bandel gw…. , jadi beneran loe ga ikutan nih…? Ga deh, thanks yow…next time gw ikutan…. Ya udin kalau gitu nanti malem abis nongkrong gw kerumah loe anter liquornya…. OK kataku…

Hampir 2 bulan ini aku sedang mengurangi “hang-out” after office hour dengan teman-temanku, aku mungkin termasuk orang yang sangat beruntung, hampir setiap hari dan kalau diladenin ada aja pasti undangan untuk meet up , iya setiap hari…. apalagi dalam kondisi aku terpuruk tanpa instruksi teman-temanku pasti sudah ngajak aku keluar dari “kesedihanku”. Mereka tau pasti, aku adalah orang yang mudah sekali melupakan kesedihanku jika di keramaian, bahkan aku masih bisa jadi clown disaat hatiku sedang hancur….  tapi akhirnya aku dengan berat hati memutuskan untuk menarik diriku sejenak dari keramaian…  karena sebenarnya yang paling aku butuhkan saat ini adalah waktu untuk mendengarkan diriku dan hatiku, aku butuh keheningan diri untuk menyembukan semua luka ini….

Aku merasa pelarianku, semakin membuat kondisi jiwa dan ragaku tidak membaik….. dan aku merasa semakin sulit menyampaikan dan menyadari apa yang aku rasakan…., hari ini aku memutuskan pulang tepat waktu, badanku sedang tidak enak , biasalah semalam tidur pagi dan bangunnya pun pagi…. tapi ternyata ga lama aku masukan mobilku ke garasi rumah, dan mau tutup gerbangku, mobil semesta sudah nyelonong masuk…. duh kebiasaan ini anak batinku….

Sambil tutup pintu gerbang rumahku, aku nanya semesta yang lagi turun dari mobilnya udah bawa banyak barang…. “eh si syaiton emang yeeee, loe bilang nanti malem abis nongkrong kerumah gw, kenapa sore-sore udah disini……., ga jadi dong gw tidur..”

Ya elah, kaya orang bener aja loe jam segini tidur, sahutnya…… dan tanpa basa-basi dia udah buka bagasi mobilku dan titip beberapa barangnya dimobilku ….emang ga sopan anak ini kataku,….. belum sempat dia letakan itu barang di bagasi mobilku, udah ngomel dia ” busyet, kebiasaan yah ga berubah dari loe ini bagasi apa kamar???? banyak banget barang loe cuy…”

IMG_20200326_204234_088

hehehe iya gw lagi ada konser kebetulan , ini untung gw ga bawa drumnya juga hahahaha….. nanti loe dateng yah konser gw …beli loe tiketnya ga mau gw kasih gratisan…

udah taro situ barang-barang loe… bawel…,

Udah yuk masuk dalem aja, adik-adik berbulu gw pasti rusuh ini, kalau kita diluar, lagian becek juga abis ujan….. sampai didalam rumah, dia langsung taro liquor di meja tamu dan ambil 2 sloki….Cuy gercep banget ye…. iya siapa tau aja loe butuh…dikit aja no harm sih….

sambil menuangkan liquornya ke sloki, dia ngomong “jadi gimana, kenapa loe akhirnya nyadar kalau loe bodoh….” maksudnya loe “kenapa ga dari dulu gw sadarnya, jadi udah lama banget dong loe tau gw salah dan begok gini” hahahah ya gpp biar loe belajar sendiri aja sih…gw berharap ini pelajaran berharga buat loe dan buat loe makin bijaksana dan ga naif lagi jadi orang…..  gw tuh ga paham kenapa kalau udah soal hati, logika  dan kecerdasan loe yang begitu gw idolakan itu lenyap gitu aja……

Toss dulu lah kita…. Cheers for our brighter future yes!!! for a real  and true people!

Gw juga ga paham…. gw rasa akhirnya waktu akan selalu menjawab sih….dan jawaban yang gw dapetin ternyata membuat gw sadar akan banyak hal…. gw sadar bahwa seberapa baiknya dan tulusnya loe jadi orang, akan selalu ada orang yang akan selalu curiga dan salah paham dengan kebaikan loe, atau kalau dia ga salah paham dia akan manfaatin kebaikan dan ketulusan loe….

Dan kalau kita memperlakukan orang lain dengan cinta kasih dan berharap kita akan diperlakukan yang sama, somehow untuk beberapa orang , hal itu ga berlaku yah….. mungkin gw juga terlalu naif untuk percaya pada ketulusan hati dan berharap dengan kejujuran…..  Ada moment dimana gw “membeku” untuk menyadari bahwa semua yang ada di depan gw saat itu semuanya palsu dan penuh kepalsuan dan gw bahkan sampai ga bisa memahami mana yang jujur atau engga…. Jujur akhirnya gw jadi mempertanyakan hati setiap orang dan berharap bisa punya kemampuan membaca dan mendengarkan hati …..

Jadi sekarang loe gimana? ya gw mengembalikan rel gw ke arah yang benar lagi lah…..fokus mencintai dan menjaga orang-orang yang sudah Tuhan kirimkan untuk membuat gw menjadi pribadi yang lebih baik, mereka yang selalu tulus menyayangi  gw karena gw, bukan karena hal yang lain, ya karena gw, kelebihan dan kekurangan gw….. mereka yang selalu jujur, apa adanya, ga palsu atau pakai topeng…. dan yang terpenting mereka yang tulus sayang dan peduli sama kita adalah mereka yang ada dan nyata disaat kamu membutuhkan mereka….apapun tindakan yang mereka lakukan karena mereka sungguh-sungguh ingin melakukannya, bukan karena basa basi semata….agar terlihat baik….

Pelajaran yang aku paling penting dari ini semua adalah: aku sungguh berdoa dan berusaha agar aku tidak menjadi seperti mereka yang telah menyakiti  dan menipu aku…… aku berdoa dan berusaha menjadi pribadi yang apa adanya, ga perlu memanfaatkan kebaikan, ketulusan bahkan kebodohan orang lain, ga perlu menggunakan topeng… ga perlu fake… dan pastinya dengan semua kekecewaan ini ga perlu menyerah, dan teruslah berusaha menjadi orang baik dan melakukan kebaikan untuk sekitar. Karena akhirnya jika ini pertarungan, kamu telah betarung dan menang! Kebaikan, ketulusan hati, kejujuran, dan cinta kasih selalu menang!  Paulo coelho bilang “seorang warrior of the light mereka pernah disakiti, dikhianti, mereka pernah terjatuh, mereka pernah gagal, tapi yang membuat mereka menjadi warrior of the light adalah mereka bangkit, tidak menyerah terus memperjuangkan cahaya-cahaya kebaikan”

tanpa aku sadari air mataku sudah tidak dapat aku bendung lagi…aku sungguh sedang menjauhkan kata-kata betapa bodohnya aku dalam hati dan pikiranku….

Semesta memegang tanganku dan dia bilang pesan yang sangat menguatkan aku: Kamu tau ga untuk seseorang sekuat kamu yang dicintai begitu banyak orang, dan telah melewati masa begitu sulit beberapa tahun lalu, bisa tersakiti karena mencintai dengan kejujuran dan ketulusan bukanlah suatu kebodohan…sama sekali bukan kebodohan, tapi pembuktian diri…. kamu sudah membuktikan bahwa kamu selalu berjuang untuk menjadi orang baik, mengalahkan diri kamu sendiri dan tetap melakukan kebaikan, walaupun kamu tau bahwa akan ada orang-orang yang menyakiti atau memanfaatkan kebaikan kamu. Tetaplah memilih menjadi orang baik dan melakukan kebaikan. Udahlah air mata kamu terlalu berharga untuk dibuang percuma!

every-warrior-of-the-light-has-been-afraid-to-enter-43435820

 

 

 

 

 

 

Categories
Uncategorized

Sahabat Sejati “ADA&NYATA”

 

551708_10150912147708014_99093808_n

“Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut.” Mzm 46

Manusia seringkali tenggelam dalam keangkuhan, keangkuhannya membuatnya hatinya menjadi keras dan kepekaannya berkurang. Seringkali dalam keangkuhan sulit kita menyadari bahwa semua yang Tuhan berikan baik adanya, keangkuhan dan kerasnya hati kita membuat kita seringkali kecewa ketika tidak ada satupun orang terdekat yang kita harapkan ada disaat kita terjatuh dan terpuruk. Manusia lupa bersyukur dan menyadari bahwa Tuhan itu selalu ADA&NYATA untuk kita manusia, DIA adalah sahabat sejati yang setia mencurahkan berkat dan cintaNYA hanya untuk kita manusia. Tuhan Maha Cinta dan Maha Rahim, Tuhan selalu panjang sabar dan kasih setiaNYA, walaupun berkali-kali kita melupakanNYA dan tidak setia padaNYA. DIA selalu mengampuni kita dan memberikan semua berkatNYA yang terbaik untuk kita.

Kepekaan dan kerendahan hati kita memampukan kita untuk menyadari cintaNYA, kehadiranNYA dan semua hal-hal ajaib yang Tuhan lakukan dalam hidup kita. Kerendahan hati memampukan kita untuk mensyukuri rahmat kehidupan yang telah Tuhan berikan melalui tindakan yang NYATA , salah satunya adala keinginan untuk membagikan kebahagiaan dan berkatNYA kepada sesama, khususnya mereka yang terpinggirkan dan terabaikan….

Kepekaan kita membuat kita menyadari Tuhan begitu mencintai kita yang hina dina ini,,,,, dan rasa syukur kita mendorong kita untuk bersukacita dan bersemangat ingin membagikan kebahagiaan dan berkatNYA ini kepada sesama, karena kita ingin orang lain juga merasa bahagia dan terberkati seperti yang kita rasakan…. Kita ingin semua orang menyadari kalau Tuhan itu baik, dan semua hal baik dan kebaikan yang kita dapatkan dengan cuma-cuma semua itu adalah perbuatanNYA. Hanya karena kebaikan dan kemurahan hatiNYA!!! Kiranya semua hal yang kita alami, khususnya dalam masa kesesakan membuat kita semakin dekat dan berlindung hanya kepada Tuhan, DIA yang selalu menantikan kita kembali padaNYA , kembali kedalam pelukanNYA untuk berjalan dijalanNYA dalam bimbinganNYA…

Tuhan memberkati sahabat semua… Tetap sehat, semangat, bersahabat dan menjadi berkat bagi sesama yang membutuhkan sahabat

Salam,

 

Sahabatmu

 

Categories
Uncategorized

Selamat Pagi Semesta

1977110_10152049610148014_282936774_n

Pagi ini aku memutuskan untuk memulai hari dengan menikmati sinar matahari pagi… sesuatu yang sangat mewah bisa menikmati sinar matahari pagi….Percayalah sulit sekali untuk aku yang punya bad sleeping disorder untuk bangun pagi dan lari…jangankan lari jalan aja kaya zombie…Untungnya tadi malam aku sempat bilang ke semesta, besok jogging yok!

Dan pagi ini dia sudah ada didepan kamarku dengan pakaian joggingnya….gilak juga udah depan kamar gw aja…. tapi semesta paling memahamiku, kalau cuman bangunin dari telepon ga bakalan gerak….APALAGI…

Apalagi apa sahutku? Apalagi aku tau kamu semalam ga bisa tidur kan karena patah hati? Sialan…Kok tau sih? jawabku sambil mencuci muka dan siap-siap ganti baju…

Sebagai informasi, semesta ini, hem susah juga sih aku menjelaskan statusnya dia hahahaha……intinya dia sangat mengenal aku inside out…dan  dari begitu banyaknya perbedaan yang kami miliki setidaknya kami sama-sama pencari senja, pecinta kopi hitam pekat no sugar, vodka, pecinta pantai, clown di setiap party,  jatuh cintanya pada sejarah, budaya, dan seni, ga kalah penting…kami dancer wannabe (iya kami suka sekali  menari , walaupun kalau nari lebih mirip tarian ondel-ondel) …..

Walau dia gagap main musik tapi dia jago melukis…..mungkin banyak orang berpikir bahwa kami bagikan botol dan tutupnya.. karena kami sama-sama seniman atau pensiunan seniman lah….salah besar….sampai sekarangpun aku sulit memahami genre musiknya dia..sama sulitnya dia memahami sudut pandangku dalam melihat indahnya lukisan, kata dia ” tidak semua lukisan itu harus jelas bentuk objectnya” , aku cuman bengong, ya udahlah ya ga penting juga untuk dipahami……kalau kata dia sih masih ada  untungnya aku masih bisa menangkap keindahan dari balik camera HPku….

Kami itu dipersatukan oleh keindahan dan kehangatan senja…. ini juga yang mengingatkanku akan pertemuan pertamaku dengannya satu dekade lalu ……..di tepi pantai disaat senja datang!…. disaat orang begitu sibuk pesta pora, hanya kami berdua yang memilih untuk menikmati senja….buat kami senja itu lukisan langit jingga yang mengajak hati untuk menari…. Aku ingat momen itu karena dia bilang, lukisan jingga yang menari ini pasti pelukisnya aliran naturalis….lalu aku jawab ya ga mungkin juga sih alirannya abstract hahahahaa…. Nanti lah aku ceritakan secara komprehensive siapa dia, kenapa dan bagaimana akhirnya dia menjadi bagian terpenting dalam hidup aku…

10001566_10152049620623014_2127155894_n

Yuk lah cuzz kita jogz…. jadi kenapa ga bisa tidur? tanyanya….. biasalah bad sleeping disorder kan emang… tapi rasanya ini bukan “high season” di kantor kamu…. Pasti ada yang ga pengen kamu pikirkan tapi kepikiran, kenapa tentang hati lagi?

(sambil ngos-ngosan, aku bilang kedia) bisa ga ceritanya nanti aja, gw udah kehabisan nafas gils… dia cuman ketawa aja .sambil bilang…. LAGIAN yah loe tuh masih aja kebanyakan ENERGI, udah sibuk kaya apaan tauuuuu, banyak banget di hidup loe yang harus diurusin tapi masih SEMPET aja BERANTAKAN TUH HATI!!!!

Semesta ini selalu paham bagaimana aku harus menyalurkan kesedihanku dengan energiku yang besar …. buat dia udah biasa banget lihat aku banjir keringat , kesakitan, kecapean tapi sebenarnya banjir air mata yang nyaru sama keringet….. Gw tau hati loe lagi sakit banget…. loe bukan kesakitan karena engkel kan…tapi hati loe yang sakit…. setiap dia sotoy, aku cuman bisa bilang…. bisa ga diem aja sakit banget tau…..

Ya mana bisa gw diem, karena macam dejavu, kalau udah hati loe berantakan pasti loe ga bisa tidur, cari pelarian ke hal-hal yang nyakitin diri loe sendiri, overthinking dan nyalahin diri loe sendiri…. Buktinya pagi ini, loe semalem ga tidur, bisa-bisanya loe maksa tubuh loe buat olahraga sejam-an gini…. ga bagus banget kaya gitu….  alasannya pasti selalu…. ya setidaknya jadi kedistract sama sakit di raga gw….

Semesta tiba-tiba teriak…cuy capek gw liat loe….. terus aku jawab…. apalagi gw…. , tapi kali ini gw lebih tertib lah….. ga ada acara bandel bandel club, takut mati gw  dan repotin orang…. ga mau gw ngerepotin orang…..  dia jawab “udah loe bertobat aja, no wonder loe kena hipertensi…. semua hal lo pikirin dan mau selesaikan….dan masih juga sempet loe berbuat onar dengan hati loe hahahaha…..

Gini yah dari dulu udah gw bilang energi loe dan energi cinta loe itu diatas rata-rata orang pada umumnya, harusnya loe salurkan dan bagikan ke banyak orang…. DAN yang harus loe inget adalah banyak bersyukur, SADAR banyak orang yang sayang dan sabar sama loe, walau menurut gw loe adalah orang yang sulit, complicated dan complex banget,,,,,tapi lihat deh sahabat-sahabat loe itu ga pernah ninggalin loe…. DAN sahabat sejati loe yang diatas sana adalah yang paling SETIA…. DIA kumpulkan semua sahabat dan orang-orang yang mencintai loe dengan tulus disaat loe membutuhkan mereka, mereka ada….

Iya sih yah (jawabku) kalau itu aku ga pernah ragukan kalau TUHAN itu sahabat sejati dan paling setia, tahun lalu waktu nyokap gw meninggal dunia TUHAN kumpulkan sahabat-sahabat aku, padahal biasanya dia posting dinas di luar negeri. Tanpa aku sadari mataku berkaca-kaca, sorry yah kataku, ga tau kenapa kali ini , lebih sulit dari yang aku bayangkan, dan setiap kali cerita tentang kepergian mamaku sama dia, selalu ada air mata ga sengaja keluar….

10171285_10152120493523014_4785668707154870410_n

Udah yok balik, tiba-tiba mendung nih, bentar lagi mau ujan kayanya…. btw aku tau kamu lagi berantakan hatinya karena baca postingan di twitter loe!!! kebiasaan banget loe yah…. hahahhaa…. sambil jalan aku bilang sama dia “Ah sial loe… syaiton… itu iseng aja tau… ” GA ADA YANG ISENG DALAM HIDUP LOE!!! ini yah gw bacain status twitter loe:

“Untukmu yang pernah sayang, lalu hilang, namun selalu menjadi bayang-bayang…” Aku tidak ingin hari berganti pagi agar bayangmu pergi”

“Aku berharap inilah akhir dari ribuan detik yang sudah aku buang sia-sia& selalu saja membuatku terjaga tanpa asa”

Semesta lalu berteriak… WOY AKU SETUJU POSTINGAN KAMU YANG INI!!!

“DON’T WASTING OUR TIME FOR NOTHING! LET’S START AND FIGHT!!! DONT GIVE UP!!!

“Proses transformasi itu selalu berat saat memulainya. Kalau tidak dimulai tidak pernah terjadi. YUK KITA MULAI”!!!”

1899918_10152051702218014_1481262617_n

 

 

 

 

Categories
Uncategorized

Baby Steps

cropped-10374027_10152147266973014_2355890157860326605_n

Baby steps… belajar lagi untuk  berkomitmen mensyukuri hidup dan melakukan hal-hal yang baik untuk kebaikan. Beberapa minggu ini saya dalam phase garuk-garuk aspal, lagi  belajar (lagi) untuk melakukan langkah-langkah perubahan  besar dalam hidup saya dimulai dari baby steps dan hal-hal sederhana…. Perubahan dari semua sisi hidup saya, termasuk “membuang sampah pada tempatnya”, hal-hal yang ga penting dan cuman jadi sampah dibuang SEGERA!!!

Jangan tanya, betapa beratnya memulainya (lagi), hayo kenapa selalu ada kata lagi? KARENA memang sebenarnya PERNAH saya lakukan, namun beberapa tahun ini entahlah bagaikan kehilangan arah tujuan, tenggelam dalam rutinitas,  lagi gelap aja kemarin itu (kemarinnya orang jawa yah) hahahhaaa……

Akhirnya waktu pencerahan yang dinantikan itu datang, bagaikan matahari  yang mulai terbit di ufuk timur hati, perlahan tapi pasti menyinari sekaligus menghangatkan diri ini, saatnya kita mulai , …. nurani berkata mulai aja dulu ga usah sempurna, ya kalau gagal mulai lagi, jangan patah semangat ayo mulai lagi….KAMU BISA (as always…)

Hati nurani dan semesta selalu memberikan saya semangat untuk memulai kembali hal-hal baik seperti disiplin mengelola diri dan waktu sampai menjaga kualitas silahturahmi dan hubungan dengan para handai taulan…. Katanya “Sudah lama kamu tenggelam dan berendam, nanti lumutan!!!, saatnya kamu muncul di permukaan, nikmati sinar matahari, buka mata&hati kamu, rasakan indah dan hangatnya alam, alam semesta yang selalu menantikan kamu untuk muncul kembali…..

Ternyata selama ini saya tenggelam dalam rasa, pikiran dan kenyamanan saya ( yang engga nyaman juga) ….saya sulit sekali melihat dan merasakan bahwa begitu banyak keindahan dan kebaikan yang diberikan semesta untuk saya…. Semesta yang selalu mencintai saya dengan tulus, yang selalu menantikan saya untuk kembali bersamanya dan menikmati indahnya senja….

Saya selalu bertanya kepadanya ” kenapa ga ingatkan dan hentikan saya untuk berhenti melakukan hal bodoh? ” dia akan selalu menjawab ” karena aku mau kamu belajar”, dan selalu terjadi argumentasi yang berakhir dengan “kenapa sih  mesti complex dan complicated banget, simple aja lah kalau aku salah dan bodoh, kamu bilang dong….belajar apa? aku capek belajar tapi ga pinter-pinter”

Lalu seperti biasa yah , semesta dengan bijaknya akan bilang ” kamu itu sudah pintar dan terlalu logis, jadi sekarang waktunya kamu belajar tentang hidup, DAN!! kalau kamu belajar tentang kehidupan maka kamu akan semakin bijaksana dan kuat…” Ya mungkin akan selalu ada kesalahan yang sama yang kamu lakukan… atau akan ada orang yang salah yang memanfaatkan kelemahan dan kebaikan kamu… tapi akhirnya kamu menjadi lebih peka, lebih kuat, lebih bijak dan lebih tulus lagi kan? tulus dalam mencintai dan memberikan yang terbaik dari diri kamu dengan ikhlas…. kamu sadar ga, semua situasi yang kamu alami membuat kamu terlatih untuk selalu memilih menjadi orang baik walau yaaaaa selalu muncul sarkastiknya kamu….tapi masih bisa dimaklumi kok…. Dan selalu kan terjadi latihan-latihan untuk mendengarkan dan berdiskusi dengan hati nurani kamu?

Kali ini Aku menatap semesta dengan hatiku…..Gilak yah dia yang selalu berhasil menampar aku dengan kata-katanya yang selalu manis didengar tapi TAJAM!!! Sebelum aku tenggelam dalam kekagumanku padanya, dia sudah menghardikku….”Kamu itu lemah dan hati kamu sangat rapuh….setiap kali ada masalah dengan hati kamu, kamu memilih tenggelam atau mencari pelarian yang akhirnya cuman nyakitin diri kamu sendiri….. ga ada sama sekali faedah dan manfaatnya buat kamu, engga juga bantu selesaikan masalah dan kesedihan kamu…..

Dalam hati aku mengamini yang ia katakan…. aku rapuh… dan jika ini cara untuk membuatku menjadi lebih kuat dan bijak, maka aku memilih untuk menjalani dan menghadapinya,  tanpa banyak bertanya lagi… aku bersyukur memilikinya, ia selalu mengingatkan aku untuk membagikan energi cintaku, ia yang selalu membantuku untuk membagikan cahayaku bagi sekitarku (walau aku merasa redup) , ia yang selalu mengingatkan aku bahwa aku berharga, Tuhan mencintai kamu… buka mata hati kamu dan lihatlah malaikat yang dikirimkanNYA  hanya untuk terus mencintai dan menjagai  kamu…….

Kubiarkan jejak langkahku dihapus oleh deburan ombak…hangatnya pasir dan buih-buih air laut itu menyapu semua kesedihan dan kemarahanku…. langit jingga dan senjaku yang kunantikan datang dan keindahannya menyadarkan aku betapa aku masih merindukannya…. Dulu aku merasa aku yang selalu menantikan keindahan dan membutuhkan kehangatannya, sore ini dia menyadarkan aku ternyata aku salah, kami saling menantikan dan membutuhkan…

Natsepa Beach