Categories
Friendship Love Pets

Part I Tentang Cinta Yang Menghidupkan dan Menyembuhkan

Brownie adalah Hachikoku aku tidak pernah tau darimana asalnya dan mengapa dia mendatangi rumah kami. Brownie hadir disaat aku memutuskan mengakhiri segala luka dan patah hati karena kehilangan sahabatku, yup setelah 3 tahun kepergian roy dan white aku memutuskan untuk tidak memelihara anjing lagi. Lelah rasanya selalu merasa kehilangan dan ditinggalkan “begitu pikirku saat itu”. Brownie kecil  muncul di halaman rumah ku pada waktu hujan lebat, suaranya seperti anak kucing (sangking kecilnya),  berada di kotak sepatu, dan kondisinya sangat menyedihkan (tubuhnya penuh luka, banyak kutunya, dan lemah sekali mungkin karena harusnya belum dipisahkan dari Induknya) . Kini Brownie memang telah tiada tapi bukan karena dia kehujanan, penuh luka, dan sangat menyedihkan kondisinya. Yup Brownie meninggal setelah 7 tahun setia menemaniku, menjaga dan menjadi sahabatku….

Brownie adalah anjing yang sangat spesial bagi keluarga kami terutama aku! dia seperti adik bagiku,(yup mungkin seperti persahabatan anak kecil dengan anjingnya yah), kedekatanku dengan Brownie inilah yang menjadi alasan yang sangat kuat bagi Mama dan Kakakku untuk berbohong padaku saat kematiannya!! Aku sempat dibohongi tentang perginya Brownie karena mereka semua tau hati dan pikiranku akan sangat terganggu dengan kepergiannya, mungkin keluargaku sudah mengetahui bahwa aku orang yang sangat suka menyimpan kesedihan dan kegalauan hatiku. Bahkan mungkin disaat aku begitu riang dan senang sekali hang out bersama teman-temanku disaat itulah aku sedang menangis sangat dalam hatiku karena mengalami rasa sakit yang mendalam. Aku ingat saat itu di awal Agustus tahun 2009 seperti biasa aku coba telephone  mamaku untuk update info tentang perkembangan kesehatan Brownie, tetapi sepertinya mama berusaha mengalihkan pertanyaanku tentang Brownie dan langsung memberikannya kepada kakaku “Kamu yang sabar yah Brownie Gpp kok tapi memang kata dokter perlu perhatian khusus”. Entah mengapa saat itu intuisiku mengatakan aku harus menelephone Brownie…yah jangan heran kalau kami suka berkomunikasi via telephone. Hal ini diawali sejak aku tugas di Aceh Utara ketika ketika aku tlp kerumah dan suaraku diperdengarkan melalui speaker phone, maka Brownie dan Melly langsung berlari dan duduk manis didepan speaker phone dan melihat mama berbicara denganku setelah itu giliran aku ngobrol dengan mereka aghh manisnya mereka. Malam sebelum Brownie pergi aku sempat bicara dengannya melalui telephone dan setelah itu Brownie pergi……

Brownie selalu ada di dalam keseharianku dan setiap masa penting dalam kehidupanku, dia selalu menyambutku di depan gerbang atau kalaupun aku terlalu larut pulangnya dia tetap terjaga saat aku pulang, dia selalu di sisiku saat aku bermain piano, belajar untuk skripsi, bermain basket dengan keponakanku, proses aku menurunkan berat badan habis habisnya dalam rangka mengikuti Tes Perwira TNI, sedang nongkrong dengan sahabat sahabatku (bisa bisanya dia ikut nimbrung dan duduk sehingga aku dan sahabatku membuat lingkaran dengan dia di sebelah kami) , saat aku menyupir (yup dia senang sekali naik mobil dan jalan jalan), bahkan di saat aku berdoa dan berdevosi. Brownie adalah satu satunya anjing yang aku ajari berdoa sejak dia kecil dan anehnya dia akan duduk manis ketika aku angkat tangannya untuk berdoa, aku juga suka memberikan tanda salib di dahinya dan mengatakan berkat Kristus untuk dia, puncaknya adalah ketika ada Misa pemberkatan untuk Rumah kami Brownie pun duduk tenang ketika menerima air suci!!! yah aku tidak tahu mengapa dia begitu cerdas, baik dan sangat pengalah thd anjing lain.

Brownie tidak hanya suatu anugerah yang terindah bagi kami sekeluarga tetapi juga anugerah bagi anjing anjing lain dirumah kami, karena jika anjing biasanya lebih senang merebut makanan anjing lainnya Brownie memilih untuk membiarkan teman temanya makan terlebih dahulu dan dia makan terakhir, Brownie adalah sahabat bagi anjing kecil karena walaupun dia sudah tua dia senang BERMAIN (oh yah kalau dengan kami dia selalu senang bermain bola, dari bola tenis sampai dengan main sepak bola dengan keponakanku),  jika anjing yang sudah besar itu galak jika diajak main oleh anjing kecil berbeda dengan Brownie, dia  selalu menyempatkan waktu untuk bermain dan bercanda dengan anjing anjing kecil itu. Bahkan tidak hanya bagi sesamanya Brownie bisa menjadi sahabat, tetapi ia juga menjadi sahabat bagi anak kucing!! Yup right dengan badan yg sangat tegap dan berbulu lebat anak-anak kucing itu selalu nyaman bermain bersama Brownie (Ketika Brownie hadir dirumahku sudah 3 tahun aku tidak memelihar anjing sehingga kucing liar pun akhirnya kami pelihara dan beranak cucu dirumah, anak-anak kucing itulah yang menjadi teman Brownie kecil).  Brownie memang luar biasa aku sangat kehilangannya, bukan hanya aku tapi semua keluarga dan sahabat-sahabatku, entah berapa puluh kali aku mendengar statement dari keluargaku “Ga ada lagi anjing seperti Brownie”.

Brownie tumbuh menjadi anjing yang sangat ramah terhadap orang baik, senang bersahabat, berbulu lebat, tidak bau badan, lincah , cerdas, anjing penjaga yang baik, dan luar biasa itu pasti karena cinta kami yang luar biasa besar untuk Brownie, Bayangkan anjing yang sudah tidak jelas bentuk dan keadaanya bisa tumbuh menjadi anjing yang luar biasa dan setiap kali aku menggendongnya (walaupun dia berat) aku selalu bilang sama Brownie “kamu tau ga kamu dulu itu jelek loh, ternyata kamu bisa cakep dan sebesar ini yah hehehehe”.

Cinta kami untuknya memang sangat besar tapi buatku lebih dari sekedar itu aku percaya bahwa Tuhan yang mengirimkan Brownie ke hidupku disaat aku benci dengan rasa kehilangan dan patah hati, Brownie adalah bentuk Rasa Sayang dan Kepedulian yang Luar biasa dari Tuhan terhadap mahluk ciptaanNYA. Tuhan sangat sayang dan peduli baik pada Brownie dan Aku!! Tuhan melembutkan hatiku untuk bisa kembali mencintai dan menumbuh kembangkan sahabatku itu. Tuhan selalu menginginkanku untuk belajar mencintai dengan tulus!! Belajar untuk memberi dan menyadari bahwa segala sesuatu adalah milikNYA. Segala sesuatu baik adanya, bahkan aku pun belajar dari seekor anjing tentang arti persahabatan, kesetiaan, mengalah untuk menang, memahami seseorang yang kita sayangi ketika sedang lelah, dsb……..

Mungkin untuk beberapa orang cerita ini sangat berlebihan. Tapi untuk aku dan semua yang mengenal Brownie serta mengetahui kisah persahabatanku dengan Brownie akan tau betapa dia sangat  berarti untukku.

Bahkan melalui kehadiran Brownie lah mataku menjadi terbuka dan hatiku yang keras ini menjadi percaya tentang CINTA yang MEMULIHKAN dan CINTA yang MENGHIDUPKAN.

Jika seekor anjing kecil yang gelandangan, penuh luka, kutu, dan dalam kondisi yang lemah dirawat dengan penuh cinta dan harapan yang baik  untuknya dapat tumbuh menjadi anjing yang sehat, cakep, dan luar biasa.

Bisa  dibayangkan jika semua cinta dan harapan yang baik tersebut diberikan kepada seorang anak manusia?

Pasti setiap anak akan tumbuh menjadi anak yang luar biasa dan penuh dengan cinta kasih kepada sesama……

next story? to be continued……

By 9reat9

Love writer and hunter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s